Hukum

Demo Mahasiswa UBK Tuntut Mahfuf MD, Diwarnai Aksi Bakar

demo bakar ban

demo bakar banJakarta, beritaasatu.com – Meski permintaan maaf disampaikan langsung Ketua Tim Pemenangan pasangan capres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Mahfud MD minta maaf kepada Putri Presiden Soekarno Rachmawati Soekarnoputri terkait isi pidato politiknya yang menyebut Soekarno juga harus bertanggungjawab dan terlibat dalam kasus pelanggaran HAM.

Namun, permintaan maaf itu tidak serta merta diterima oleh mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK). Puluhan mahasiswa menggelar aksi turun ke jalan di Jl. Diponegoro, Jakarta, Senin (23/6). Mereka mendesak agar mantan Ketua MK itu diberikan sanksi yang sebesar-besarnya.

“Mahfud MD harus segera diberikan sanksi karena menganggap Bung Karno telah melanggar HAM,” terang Koordinator aksi Ramadhan.

Disela-sela aksinya, para mahasiswa membakar kayu di tengah jalan sehingga arus lalu lintas menjadi tersendat.

Sebelumnya, Juru Bicara Tim Pemenangan Jokowi-Jusuf Kalla, Hasto Kristiyanto, mengatakan tuduhan Mahfud jelas melukai hati keluarga dan juga para penerus pemikiran Bung Karno di seluruh tanah air. Tindakan Mahfud MD juga jelas tindakan tidak terpuji dan berpikiran picik, serta tak mencerminkan pemikirna seorang mantan Ketua MK yang juga memiliki latar belakang akademik.

“Oleh karena itu, kami meminta saudara Mahfud menjelaskan pernyataannya dan meminta maaf pada keluarga Bung Karno,” tegas Hasto di Jakarta, Jumat (20/6).

Hasto melanjutkan pihaknya mengecam Mahfud karena pernyataannya yang menyinggung harkat dan martabat Proklamator Kemerdekaan, Presiden Republik Indonesia pertama yang telah mendedikasikan dirinya untuk rakyat, bangsa, dan negara.

“Tuduhan suadara Mahfud MD tidak bisa diterima karena sepanjang hidupnya Bung Karno tidak pernah melakukan tindakan yang keji pembantaian para Kyai seperti yang dituduhkannya kepada Bapak Pendiri Bangsa kita,” tandas Hasto. (aLI)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

Banner Meikarta 2

To Top