Politik

Fix! Bambang Soesatyo Ditunjuk Jadi Ketua DPR Baru

bambang soesatyo

JAKARTA – Setelah beberapa lama Partai Golkar melakukan penetrasi internalnya pasca mantan Ketua Umum mereka yakni Setya Novanto meninggalkan kursi Ketua DPR RI lantaran terjerat kasus korupsi e-KTP di KPK, kursi pimpinan di lembaga legislatif pun sementara ini masih kosong.

Namun demi mengisi kekosongan itu pula, Pimpinan Golkar melakukan penggodokan dengan mencari sosok pengganti Setya Novanto sebagai Ketua DPR RI tersebut, dan nama yang paling kuat adalah Bambang Soesatyo. Bahkan penunjukan Bambang Soesatyo sebagai Ketua DPR RI ini pun dilakukan langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar yang baru yakni Airlangga Hartarto.

Berita penunjukan Ketua Komisi III DPR sebagai Ketua DPR menggantikan Setya Novanto itu juga diamini oleh politisi Gerindra, Ahmadi Noor Supit. Ia mengatakan bahwa dalam rapat pleno Fraksi Golkar di gedung Parlemen, seluruh anggota fraksi menyepakati Bambang Seosatyo maju memimpin DPR.

“Sudah fix namanya BS, namanya Bamsoet,” kata Politisi Partai Golkar, Ahmadi Noor Supit usai rapat pleno Fraksi Partai Golkar di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (11/1/2018).

Sementara itu ia mengatakan, bahwa keputusan akhir terkait tongkat kepemimpinan DPR RI yang disepakatio Fraksi tersebut masih tinggal menunggu hasil rapat pleno di internal DPP Partai Golkar yang akan digelar dalam waktu dekat dan segera diumumkan secara resmi. Namun demikian Supit mengatakan jika keputusan pergantian Ketua DPR sudah diambil sejak lama.

Keputusannya pun telah melalui proses sosialisasi dan klarifikasi kepada seluruh calon kandidat pengganti Novanto.

“Tapi, secara nonformal semua calon sudah memberikan selamat. Itu sinyal kuat, sudah diberi tahu,” ujarnya.

Supit mengatakan, dalam rapat pleno Fraksi Partai Golkar pada Kamis (11/1/2018) yang berlangsung tertutup, para calon lainnya juga telah memberikan selamat dan foto bersama dengan Bambang. Dia mengatakan, nama-nama calon Ketua DPR lain seperti Sekretaris Fraksi Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita, Ketua Badan Anggaran DPR Aziz Syamsuddin, dan Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali.

Semua calon sebenarnya memiliki peluang yang sama. Namun, Bambang memiliki kelebihan dibandingkan calon lain.

“Semua punya kesempatan yang sama, namun Bambang bisa berkomunikasi dengan semua partai, lintas fraksi,” katanya.

Di sela-sela Rapat Fraksi Partai Golkar, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto masih enggan menyebutkan Ketua DPR pengganti Novanto dan meminta semua pihak bersabar. Dia mengatakan, dirinya sudah mengantongi nama calon Ketua DPR dan tinggal diumumkan secara resmi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

Banner Meikarta 2

To Top