Politik

Fenomena Pilkada Serentak & Pilpres 2019, Masyarakat Sumut Diajak Melek Politik

Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumatera Utara mengadakan sosialisasi Undang-Undang No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) yang berlangsung di Hotel Putra Mulia Medan, Selasa(07/011/2017).

Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumatera Utara mengadakan sosialisasi Undang-Undang No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) yang berlangsung di Hotel Putra Mulia Medan, Selasa(07/011/2017).

Dokumentasi: Photo Kesbangpol Sumut

Medan – Jelang Pilkada serentak dan Pilpres 2019, Kepala Kesbangpol yang diwakili oleh Kepala Bidang Politik KesBang PoLinMas Sumatera Utara Ahmad Firdaus Hutasuhut berharap masyarakat bisa melek dan ikut berperan aktif dalam politik.

Pasalnya, Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumatera Utara mengadakan sosialisasi Undang-Undang No 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) yang berlangsung di Hotel Putra Mulia Medan, Selasa(07/011/2017).

Sosialisasi ini ditujukan kepada Partai Politik dan Lembaga swadaya masyarakat (LSM), Organisasi Mahasiswa dan perwakilan Tokoh Masyarakat, Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 wib ini mengusung tema “Sosialisasi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum”.

Ahmad Firdaus Hutasuhut mengaku melalui kegiatan itu yang digelar berdasarkan undang-undang bidang politik, sebagai kegiatan penyuluhan kepada masyarakat Tahun 2017.

“Maksud kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan peserta sosialisasi tentang dinamika pelaksanaan Pemilu DPR, DPD, DPRD serta pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI secara serantak, berdasarkan peraturan perundang-undangan yang baru. Sedangkan tujuannya yaitu, untuk meningkatkan partisipasi politik serta meningkatkan kualitas pelaksanaan pemilihan umum di Provinsi Sumatera Utara, khususnya yang akan dilaksanakan secara serentak pada tahun 2019 mendatang,” beber Hutasuhut.

Dijelaskannya, materi sosialisasi ini meliputi tahapan dan program pemilu serentak 2019, sosialisasi dan kampanye, serta pengawasan terharap pemilu. Sementara metode yang digunakan adalah ceramah umum dan dialog/tanya jawab. Dengan narasumber dari Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara, Akademisi dari USU dan Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara.

Ditempat yang sama Komisioner KPU SUMUT Benget Silitonga, memaparkan tentang tujuan Pemilu serentak 2019 antara lain adalah memperkuat sistem presidensial dan efisiensi anggaran dan efektifitas serta mobilitas pemilih,

“Tahun 2019 akan menjadi titik krusial negeri ini karena akan terjadi pemilu serentak yang menyatukan pemilu Legislatif dan Executif pada hari yang sama dengan tujuan untuk memperkuat sistem presidensial,” ujarnya.

Melalui kegiatan Seri Dialog Demokrasi ini langsung dipimpin oleh Ahmad Firdausi Hutasuhut diharapkan para peserta sosialisasi bisa menyalurkan materi-materi yang didapat kepada lingkungan terdekat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

Banner Meikarta 2

To Top