Nasional

BEM DKI Jakarta: Reklamasi Pestanya Para Tikus

IMG-20171104-WA0022

Jakarta – BEM DKI Jakarta & Aliansi Mahasiswa se Jakarta menegaskan akan tetap menolak proyek reklamasi Teluk Jakarta demi terciptanya keadilan dan memberikan ultimatum kepada Gubernur DKI Anies-Sandi untuk tegas menolak reklamasi teluk Jakarta.

“Pilih tolak reklamasi atau gulingkan Gubernur DKI Anies-Sandi,” tegas Koordinator Lapangan El Hakim saat jumpa pers bertema “Reklamasi Pesta Para Tikus” di Matraman Jaktim, Sabtu (4/11).

Menurut dia, tujuan reklamasi pada kenyataannya hanya ingin merampok dan mencaplok hak-hak masyarakat pesisir atas pengelolaan laut sehingga menjadikan timbulnya kesenjangan antara si kaya dan si miskin.

Sedangkan, kata dia, dengan biaya yang sangat besar dan harga properti mencapai angka miliaran tentunya reklamasi disediakan hanya untuk kaum para tikus – tikus.
Perusakan yang juga ditimbulkan karena adanya reklamasi bukan main main.

“Reklamasi berdampak pada perusakan lingkungan hidup, tata air Jakarta, ekosistem, pulau seirbu dan
hilangnya situs sejarah,” ucapnya.

Mereka pun bertanya dengan dampak buruk yang cukup besar tersebut sesungguhnya siapakah yang dintungkan atas adanya Reklamasi ?
Tak hanya El Hakim juga mengaku kecewa dengan janji manis Anies yang menyatakan menolak reklamasi namun kini cenderung ambigu terhadap reklamasi.

“Angka yang harusnya 15% dari reklamasi Jakarta ini dan Pemprov mendapat dapat duit 77,8 Trilyun. Tapi kenapa jadi turun 5 % buat Pemprov DKI. Kemana yang 10 % ? Janji kampanye tegas tolak reklamasi adalah bohong,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

Banner Meikarta 2

To Top