Nasional

Mahasiswa Jakarta: Anies Sandi Diminta Tegas Hentikan Reklamasi

Reklamasi Teluk Utara Jakarta

Jakarta – Riwayat reklamasi tidak ada habisnya. Setelah akhirnya berganti ke pemimpin jakarta yang baru, reklamasi masih menjadi pembahasan yang penting. Janji kampanye Anies Sandi (Gubernur dan Wakil Gubermur Jakarta) yang dengan tegas menolak adanya reklamasi masih terus gaungkan untuk dilunasi.

Aliansi Mahasiswa Jakarta pun menuntut ketegasan keduanya Anies-Sandi untuk merealisasikan janji mereka untuk menghentikan reklamasi teluk Jakarta.

“Kami menolak pencabutan moratorium reklamasi yang di lakukan oleh Menko bidang kemaritiman yaitu Luhut Binsar Pandjaitan,” demikian disampaikan Koordinator Aliansi Mahasiswa Jakarta Teguh Nurdiansyah, saat jumpa pers kemarin.

Tak hanya itu, mereka juga meminta pemerintah untuk bertindak tegas terhadap para pengembang yang terbukti melakukan tindak pidana suap. Pihaknya akan terus menyerukan untuk tetap menolak proyek reklamasi Teluk Jakarta demi terciptanya keadilan di negeri ini.

“Kami ingin pemerintah hadir dengan keberpihakannya pada rakyat kecil,” ucapnya.

Dia melihat proyek tersebut lebih banyak mudharatnya diantaranya aspek sosial, hukum dan lingkungan yang justru terabaikan. Reklamasi yang mencaplok hak hak masyarakat pesisir atas pengelolaan laut menjadikan timbulnya ketimpangan kemiskinan. Sedangkan dengan biaya yang sangat besar dan harga properti mencapai angka miliaran tentunya reklamasi disediakan hanya untuk kaum borjuis.

“Perusakan yang juga ditimbulkan karena adanya reklamasi bukan main main mulai dari perusakan lingkungan hidup, tata air jakarta, ekosistem, hingga hilangnya situs sejarah,” sebutnya.

“Dengan dampak buruk yang cukup besar tersebut sesungguhnya siapakah yang diuntungkan atas adanya reklamasi? Pihak pemodal? Atau masyarakat jakarta?,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

Banner Meikarta 2

To Top