Nasional

Giliran Sumbar, Garda NKRI Dideklarasikan

Deklarasi Garda NKRI Sumbar 2

Sumbar – Masih dalam suasana peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017, GARDA NKRI Prov. Sumatera Barat kembali dideklarasikan. Berdirinya DPD GARDA NKRI Prov. Sumatera Barat diharapkan menjadi representasi wadah para mahasiswa-mahasiswi/pemuda-pemudi untuk bertukar ide dan fungsi serta peran strategis bagi kemajuan mahasiswa-mahasiswi/pemuda-pemudi Indonesia, khususnya Sumatera Barat.

Pendeklarasian DPD GARDA NKRI Prov. Sumatera Barat menjadi yang ketiga pasca Prov. Sulut dan Sumsel. Agenda deklarasi DPD GARDA NKRI Prov. Sumatera Barat langsung dihadiri oleh Dewan Pengurus Pusat (DPP) GARDA NKRI diantaranya Ketum Haris Pertama, Sekjen Firman Firdhousi, Bendum Joko Apriyanto dan Ketua Bidang OKK Fenno Mongkau bersama mahasiswa-mahasiswi Se Sumatera Barat.

Deklarasi DPD GARDA NKRI Prov. Sumbar dirangkai dengan Diskusi Publik bertema “Membangunkan Indonesia: Mengembalikan Khittah Perjuangan Pemuda Indonesia”.

Dialog publik tersebut menghadirkan Kapolda Sumbar yang diwakili oleh Dir. Binmas Polda Sumbar Kombes Pol. Nasrun Fahmi, S.H., M.Si, yang sekaligus membuka kegiatan deklarasi GARDA NKRI Sumbar dan 3 tokoh muda, diantaranya, Firman Firdhousi (Sekjen DPP GARDA NKRI), Fenno Mongkau (Ketua Bidang OKK DPP GARDA NKRI, Mabruri Tanjung (Pendiri BEM Nusantara).

Banner-keren-hoaxDalam diskusi tersebut, Dir Binmas Polda Sumbar menyatakan bahwa mahasiswa-mahasiswi/pemuda-pemudi memiliki peran yang strategis dalam pembangunan daerah. Hal ini terlihat bagaimana mahasiswa/pemuda senantiasa menjadi katalisator transformasi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sementara itu, Firman Firdhousi selaku Sekjen DPP GARDA NKRI menegaskan kaum mahasiswa/pemuda hendaknya senantiasa tampil sebagai kekuatan pemersatu yang berspirit multikultural kenusantaraan di tengah situasi dan kondisi kehidupan kebangsaan yang hari ini sedang mengalami berbagai deviasi.

Maka dari itu, kaum muda harus senantiasa menjadi garda terdepan dan benteng terakhir dari berbagai ancaman gerakan-gerakan yang bermisi di luar bingkai NKRI.

Sementara narsum yang lain Fenno dan Mabruri juga menganjurkan kaum muda harus senantiasa menebarkan semangat optimisme sesama muda-mudi yang lain. Karena di tangan pemuda arah Indonesia di masa mendatang ditentukan.

Dalam sambutan, Ketua Umum DPP GARDA NKRI Haris Pertama sangat mengapresiasi berdirinya GARDA NKRI di bumi Minang. Harapan besar, GARDA NKRI dapat bersinergi bersama-sama untuk kemajuan pembangunan kemajuan pemuda Indonesia, terkhusus kalangan muda-mudi Sumbar.

Sehingga, sesuai dengan visi yang dibangun GARDA NKRI bahwa komitmen menjaga dan mengisi kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai konstitusional Pancasila dan UUD 1945 menjadi tanggung jawab bersama.

Senada dengan itu, Ketua Umum DPD GARDA NKRI Sumatera Barat Ramon menegaskan bahwa kehadiran GARDA NKRI Sumbar merupakan bentuk nyata daripada kontribusi pemuda untuk menjaga komitmen kebangsaan yang telah dibangun oleh para generasi pendahulu kita. Sebab itu, menjadi tanggung jawab bersama kita untuk berpartisipasi aktif dalam mengisi kemajuan pembangunan pemuda-pemudi Indonesia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

Banner Meikarta 2

To Top