Life Style

Reog Singo Metropolitan Police Curi Perhatian Publik Indonesia

IMG-20170904-WA0040

Jakarta – Kesenian Reog merupakan budaya dengan nilai-nilai kearifan lokal yang lahir dan besar di Kota Ponorogo. Reog yang merupakan kesenian asli Indonesia itu semakin berkembang pesat bahkan ketenarannya makin mendunia, sehingga hal inilah yang menjadi kebanggaan tersendiri bagi rakyat Indonesia itu sendiri.

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) pun tak ketinggalan bahkan ikut mengembangkan sekaligus melestarikan kesenian Reog mengatasnamakan Grup Reog “Singo Metropolitan Police”, yang murni dimainkan oleh anggota kepolisian gabungan seluruh satuan kerja (satker) mulai Polda Metro Jaya, baik secara kewilayahan maupun Polda sendiri.

Reog Singo Metropolitan PoliceSetelah melakukan pentas perdana dalam acara Bhayangkara Run satu bulan silam, Singo Metropolitan Police kembali menggebrak Tugu Api Pancasila, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), dalam acara HUT Polwan Ke-69, Minggu (3/9).

Dengan kekuatan 60 personel, Grup Reog di bawah binaan dan tanggung jawab penuh dari Kapolda Metro Jaya, Irjen Idham Azis ini berhasil mencuri perhatian pengunjung TMII. Decak kagum dan sorai penonton menandakan bahwa penampilan mereka memberi masyarakat kebahagiaan.

“Polri adalah pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Sehingga melestarikan budaya lokal adalah sebagai langkah lebih mendekatkan diri kepada masyarakat dalam kapasitas sebagai pengayom dan pelayan masyarakat. Sedangkan untuk kapasitas Polri sebagai pelindung, kami merasa bertanggung jawab untuk ambil bagian melindungi kelestarian budaya lokal yang selama ini lekat dengan masyarakat yakni Reog Ponorogo,” tutur Kapolda Metro Jaya, Irjen Idham Azis mengenai aktifitas anggotanya dalam grup Reog.

Reog Singo Metropolitan PoliceDengan menjaga kearifan lokal, artinya Polri menghormati sekaligus mengadaptasi kompetensi budaya leluhur sebagai acuan dalam menjalankan tugas sehari-hari menghadapi masyarakat Indonesia yang sangat majemuk.

“Inilah bukti dan wujud kepedulian Polri atas budaya lokal yang kami tuangkan dalam Kesenian Reog Singo Metropolitan Police,” ucap Ketua Grup, AKP Joko Nugroho, Dirkrimsus Subdit I Indak Polda Metro Jaya.Reog Singo Metropolitan Police

Reog Singo Metropolitan Police

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

To Top