Nasional

Luar Biasa Jiwa Nasionalis Karutan Jambe Tigaraksa

IMG-20170816-WA0022

Tangerang – Meskipun disibukkan dengan jadwal padat di rumah tahanan, sebagai seorang Kepala Rutan Jambe Tigaraksa Kab Tangerang Juno terbilang mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi.

Hal itu terbukti saat Juno bersama Kepala Pembina Rutan (KPR) Margono, Kepala Registrasi Eksa Slamet Sriyono, Thamrin dll ikut berkontribusi menyemarakkan suasana peringatan hari Kemerdekaan Indonesia ke 72 didalam rumah tahanan dengan berbagai perlombaan layaknya masyarakat pada umumnya.

“Luar biasa sekali apa yang dilakukan Bapak Juno dan para jajarannya. Jiwa nasionalisme nya cukup tinggi dengan menjaga warga binaannya untuk tetap bisa merasakan kemerdekaan meski berada di dalam rutan,” ujar Wasekjen Jari 98 Ferry Supriadi, hari ini.

Menurut dia, satu-satunya pemidanaan bagi mereka hanya kemerdekaan bergerak, hal lainnya mereka juga harus dapat merasakan. Kegiatan peringatan hari kemerdekaan ini diharapkan dapat menciptakan kebersamaan dan kegembiraan antarwarga binaan.

“Warga binaan pun ikut senang dapat memeriahkan hari kemerdekaan. Mereka pasti bangga dengan acara menarik menumbuhkan nasionalisme yang digagas Karutan Jambe,” sebutnya.

Ferry memprediksi bakal ada puluhan warga binaan yang mendapatkan usulan remisi alias bebas bersyarat di saat hari Kemerdekaan RI ke 72 tahun ini. Tak hanya itu, saat silaturahmi menyambangi Rutan Jambe, para aktivis Jari 98 mengapresiasi upaya Juno beserta jajarannya yang tengah memberi nasehat spiritual kepada warga binaan tersebut.

Kendati demikian, kata dia, ada pemandangan menarik di dalam Rutan yang mengadakan aneka perlombaan diantaranya lomba joget atau tari Maumere, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan menghafal Pancasila.

“Suatu cerminan dan pembelajaran agar para narapidana yang akan kembali bebas dapat berinteraksi dengan warga sekitar,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ferry mengaku bangga adanya inovasi dan perubahan petugas Rumah Tahanan Negara (Rutan) Jambe ini di tengah tuntutan reformasi birokrasi dan pelayanan publik yang harus ditunaikan oleh setiap Abdi Negara.

“Rasa syukur dan bangga atas perubahan serta inovasi yang dilakukan Rutan Jambe dalam mengimplementasikan peningkatan kinerja lebih baik lagi demi kemajuan organisasi Rutan,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

Banner Meikarta 2

To Top