Politik

Jusuf Kalla “Rising Star” Partai Golkar Saat Ini

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bersama Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov)

Jakarta – Direktur Studi Demokrasi Rakyat (SDR) Hari Purwanto menyebut gejolak partai Golkar saat ini sangat begitu kencang dan penyebabnya adalah Ketua Umum Partai Golkar yaitu Setya Novanto telah dijadikan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus E-KTP.

Menurutnya, gonjang-ganjing dalam Partai Golkar dan dorongan untuk mengganti Setya Novanto begitu kencang dari arus bawah dan kader muda. Apalagi komitmen Partai Golkar untuk mendukung pemerintahan Jokowi memimpin kedua kalinya sudah disuarakan dari awal.

“Meskipun banyak analisa yang mengatakan bahwa bila SN memimpin Partai Golkar dan mendukung Jokowi untuk dua periode pemerintahan, akan membebaskan SN dari segala dugaan kasus korupsi termasuk korupsi E-KTP,” kata Hari Purwanto hari ini.

Dikatakan dia, dari segala analisa yang ada ternyata malah menjadi terbalik dan Jokowi tidak mau mengintervensi proses hukum yang ada. Malahan komitmen pemerintahan Jokowi terhadap pemberantasan korupsi begitu kuat.

Dalam situasi gonjang-ganjing Partai Golkar saat ini, kata dia, ada kader partai dan mantan ketua umumnya yang menjadi “Rising Star” yaitu Jusuf Kalla yang juga sebagai wapres dari Presiden Jokowi. Peran Jusuf Kalla menjadi strategis saat ini, disaat Partai Golkar sedang mengalami gonjang-ganjing karena Ketua Umumnya telah menjadi tersangka dalam kasus korupsi.

“Gejolak menjadi reda bila Partai Golkar dipimpin sementara oleh Jusuf Kalla sambil mempersiapkan pengganti SN dengan mekanisme dan aturan internal Partai Golkar,” ucapnya.

Sehingga, kata dia, bila Jusuf Kalla memimpin Partai Golkar dukungan terhadap pemerintahan Jokowi semakin solid seperti pengalaman 2004-2009 saat menjadi wapres SBY saat itu. Pengalaman sebagai Ketua Umum Partai Golkar, tentunya Jusuf Kalla akan mengantarkan Partai Golkar seperti era kepemimpinannya kala itu.

“Dan tangan dingin Jusuf Kalla mampu meredam gejolak saat ini untuk mempersiapkan pergantian Ketua Umumnya yang telah menjadi tersangka kasus korupsi. Jusuf Kalla saat ini menjadi “Rising Star” diantara kader Partai Golkar yang lainnya, agar jalinan Partai Golkar untuk mendukung pemerintahan Jokowi semakin kondusif dan sehat,” tandasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

To Top