Hukum

Di PHK Tanpa Pasangon, Karyawan Gugat Bos PT Electra Inti Perkasa

Karyawan
Jakarta – Endang Sucarwa (56),  nekat melayangkan gugatan  terhadap petinggi PT Electra Inti Perkasa. Sebab, Endang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) tanpa alasan yang jelas dari perusahaan yang bergerak di bidang produksi peralatan tenaga listrik tersebut.
 
Kejadian ini bermula PT Electra Inti Perkasa bermaksud ingin memindahkan pabrik yang beralamat di Ciracas, Jakarta Timur ke daerah Sentul, Bogor, Jawa Barat. Namun, Endang dan sejumlah karyawan lainnya enggan pindah lantaran tidak ada kesepakatan biaya transportasi dari perusahaan tersebut. Berselang kemudian perusahaan tanpa sebab langsung melayangkan PHK kepada Endang dan sejumlah karyawan lainnya.
 
Semenjak di PHK, kondisi ekonomi keluarga Endang tak menentu, bahkan pria beranak dua ini terpaksa bekerja serabutan hingga mengutang demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.Karyawan
 
“Untuk makan saja susah mas, kadang dapur ngak bisa ngebul. Terus mau  bayar uang sekolah anak juga sulit mas. Kita mau minta pertanggungjawaban perusahaan, karena sudah 30 tahun kerja di sana, tapi dipecat tanpa dapat pasangon satu peser pun,” kata Endang kepada wartawan, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (1/8/2017).
 
Sementara itu, Ahmad Fauzi Kurniawan, kuasa hukum korban menyatakan kliennya melayangkan gugatan ke Pengadilan Hubungan Industrial yang berada di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat lantaran tidak ada itikad baik dari perusahaan dalam menaggapi keluhan para korban.
 
“Korban yang layangkan gugatan ada 4 orang. Yang tergugat adalah Sukiantoro Arifin selaku direktur dan Hendy Tjoeng selaku komisaris. Kita pun bantu para korban karena panggilan rasa kemanusian,” tandasnya.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

To Top