Hukum

Lagi, Politisi Golkar Agun Gunandjar Diperiksa KPK

Plh Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati dan Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha

Jakarta – Anggota Komisi I DPR Agun Gunandjar Sudarsa kembali dijadwalkan pemeriksaan di hadapan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Penyidik akan meminta keterangan Agun sebagai saksi dalam penyidikan kasus dugaan korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Politikus Golkar ini akan diperiksa dalam kapasitas sebagai mantan pimpinan Komisi II DPR.

“Yang bersangkutan diperiksa untuk saksi, terkait proyek e-KTP tahun 2011-2012,” ungkap Pelaksana Harian (Plh) Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati, Kamis (8/12/2016).

agun-gunandjarPenyidik juga memanggil sejumlah anggota DPR RI lainnya yakni Ketua Komisi ‎VI Teguh Juwarno, dan mantan Wakil Ketua Komisi II Taufiq Effendi. Keduanya akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Sugiharto. Selain itu, lanjut Yuyuk, pihak swasta juga akan dicecar penyidik antirasuah yakni Melyanawati dan Mantan Dirjen Dukcapik Kemendagri, Irman.

“Mereka akan diperiksa kasus yang sama,” tandasnya.

Seperti diketahui, mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Nazaruddin sempat menyinggung keterlibatan sejumlah nama dalam kasus e-KTP. Nazaruddin menyebut banyak pihak yang menikmati uang dari proyek yang merugikan negara sebesar Rp2 triliun.

Pada kasus tersebut KPK baru menetapkan dua tersangka. Mereka adalah mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri, Irman dan mantan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Ditjen Dukcapil Kemendagri‎, Sugiharto.

Sebelumnya, Ketua KPK, Agus Rahardjo memastikan pihaknya tak akan berhenti pada penetapan dua tersangka itu. Pihaknya yakin ada pihak lain yang turut kebagian uang haram korupsi e-KTP.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

Banner Meikarta 2

To Top