Politik

Rahasia Manajemen Konflik untuk Menangkan Pilkada DKI 2017

peneliti-ipi-karyono-wibowo

Jakarta – Peneliti Senior Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo menilai di dalam pertarungan politik seperti Pilkada dan Pilpres apalagi pemilihan secara langsung, bagi peserta pemilu akan berlomba-lomba membuat manajemen konflik dan manajemen isu untuk menjalankan strategi pemenangan.

“Sehingga semuanya digunakan untuk memenangkan Pilkada. Ini yang sering kali terjadi dan sulit dihindarkan,” ungkap Karyono Wibowo, Senin (17/10/2016).

Pengamat Politik IPI Karyono Wibowo

Pengamat Politik IPI Karyono Wibowo

Tetapi, kata pengamat politik ini, ketika memasuki pertarungan politik, beberapa hal yang diharamkan dalam Pilkada bisa dihalalkan. Ini karena dorongan untuk memenangkan memperebutkan Kursi No. 1 dan 2 didaerahnya. Kata dia, Nilah yang menjadi penting bahwa ada pengawasan agar nilai-nilai demokrasi dan pelanggaran-pelanggaran pilkada tidak dilakukan.

Karyono pun menyebutkan didalam pertarungan modern, ada 3 jenis kampanye yakni kampanye positif, negatif, dan hitam. Dan yang boleh dimainkan adalah kampanye positif dan negatif.

“Kampanye negatif boleh dilakukan dalam konteks politik, tapi yang justru tidak boleh itu adalah black campaign,” tuturnya.

Berita Selengkapnya :

Manajemen Konflik Jalankan Strategi Pemenangan Menuju Pilkada DKI 2017

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

Banner Meikarta 2

To Top