Kriminal

Usai Geledah Perusahaan TW, Pemeriksaan Anak Buah Buwas oleh Propam Dipertanyakan

Ketua Presidium IPW Neta S Pane

Indonesian Police Watch (IPW) menilai menjadi aneh jika puluhan anak buah Komjen Budi Waseso (Buwas) yang diperintahkan atasannya untuk melakukan penggeledahan perusahaan PT Maritim Timur Jaya justru diperiksa oleh Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Mabes Polri.

Pasalnya, mereka diperiksa atas aduah perusahaan tangkap dan pengelolaan ikan yang masih berkaitan dengan pengusaha Tomy Winata.

“Ini jadi aneh kok diperiksa propam anak buahnya Buwas yang justru diperintah atasannya,” ungkap Ketua Presidium IPW Neta S Pane, Selasa (30/8/2016).

Ketua Presidium IPW Neta S Pane

Ketua Presidium IPW Neta S Pane

Neta menyarankan agar Propam Mabes Polri bisa menjelaskan secara transparan terkait pemeriksaan anak buah Buwas, guna menghindari kesimpangsiuran informasi yang beredar di masyarakat.

“Propam harus bisa menjelaskan, apakah ada kesalahan prosedur atau ada unsur lain. Ini harus transparan ya,” ungkap Neta.

Sebab, kata Neta, pemeriksaan itu justru membuat anak buah akan menjadi takut menjalankan tugas dan perintah pimpinan atau atasannya. Kecuali, dalam operasi penggeledahan perusahaan TW itu ditemukan kesalahan prosedur.

“Ini bisa menjadi tanda tanya dimasyarakat, anak buah pun akan takut menjalankan perintah atasan. Kalau salah prosedur ya atasannya juga harus diperiksa,” tukasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

To Top