Ekonomi

SPRI: 10 Tahun Berkuasa Presiden SBY Gagal Atasi Kemiskinan

SBY diapiJakarta, beritaasatu.com – Dari awal kemerdekaannya, negeri Indonesia didirikan untuk mensejahterakan rakyatnya. Sehingga siapapun yang hidup di atasnya layak dan pantas untuk mendapatkan segala hal yang disebut “sejahtera”. Karena “sejahtera” dalam UUD 45 adalah hak yang melekat bagi setiap warga negara Indonesia.

Namun, menurut Ketua Umum Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia Marlo Sitompul, kenyataannya berbeda dengan yang menjadi cita-cita bangsa. Pada tahun 2013 -2014 rezim SBY-Boediono dituding telah membiarkan pasar menaikkan harga pangan hingga 200% pada saat lebaran. Sementara sekitar 80 juta rakyat Indonesia berpenghasilan di bawah Rp. 2 juta/tahun dan tingkat inflasi 2% per tahun.

“Artinya 20% dari penghasilan mereka per bulan terbuang percuma oleh karena inflasi. Ditambah lagi dengan kenaikan harga BBM, kenaikan tarif dasar listrik dan semuanya kenaikan,” ungkap Marlo, di Jakarta, Jumat (15/8).

Dikatakannya, ini belum termasuk realitas meningkatnya angka kematian Ibu dan anak yang mencapai angka 355-400 kematian per 1000 kelahiran. Belum lagi realitas pengangguran yang mencapai angka puluhan juta jiwa. Semua realitas ini tentunya membuat semakin bertanya-tanya: apa sebenarnya yang sudah dilakukan oleh rezim SBY – Boediono untuk kesejahteraan rakyat?

“Hampir semua kebijakan rejim ini lebih berpihak pada kepentingan pengusaha besar tapi tidak untuk pekerja, pengusaha kecil, dan petani,” ujarnya.

Seperti paket kebijakan penyelamatan ekonomi misalnya, tidak ada satu program pun yang mengarah pada perluasan lapangan pekerjaan. Malah sebaliknya justru melemahkan upah pekerja dengan membatasi tingkat kenaikan upah pekerja. Pun program kompensasi kenaikan BBM dalam bentuk program pembangunan infrastruktur rumah murah dan sanitasi tak jelas juga juntrungannya.

“Lalu apa yang dilakukan oleh rejim ini demi sejahteranya rakyat? NOL BESAR!!,” tegas Marlo dengan lantang. (Ahmad)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

Banner Meikarta 2

To Top