Hukum

CBA: Lucu, Lawan Audit BPK dengan Opini Sesat Buku ‘Jalan Lurus Menuju Sumber Waras’

Buku Jalan Lurus Menuju Sumber Waras

Jakarta – Direktur Centre For Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi mengkritik buku ‘Jalan Lurus Menuju Sumber Waras’ yang disusun mantan auditor Leonardus Joko Eko Nugroho cs.

Uchok menyebut sebuah lelucon jika menghantam sebuah audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas pembelian lahan RS. Sumber Waras yang menyebut ada kerugian negara, hanya dilawan dengan sebuah buku tersebut.

Buku Jalan Lurus Menuju Sumber Waras

Buku Jalan Lurus Menuju Sumber Waras

“Sungguh lucu untuk menghantam sebuah audit atas sumber waras, hanya dengan sebuah buku ‘Jalan Lurus Menuju Sumber Waras’,” tegas Uchok, Sabtu (4/6/2016).

Menurut Pengamat Anggaran Politik itu, hantaman itu hanya riak sebuah gelombang kecil atas kehebatan audit Sumber Waras. Dan, kata Uchok, lebih lucunya buku itu dianggap membentuk opini tersesat.

“Lebih lucunya, buku ‘Jalan Lurus Menuju Sumber Waras’ itu membentuk opini tersesat soal data yang disajikan audit BPK itu,” sindir Uchok.

Uchok menegaskan bahwa level dan mutu audit BPK atas Sumber Waras itu lebih hebat dibanding sebuah buku yang isinya penggiringan opini. Ia pun menyarankan jika ingin menghantam audit BPK lebih baik melakukan audit lagi dengan cara dan metode yang berbeda dari auditor BPK.

“Dan hal ini kalau dilakukan, maka baru sebuah penghormatan. Saya minta kepada mantan auditor Leonardus Joko Eko Nugroho untuk segera bikin audit atas Sumber Waras versi dia agar ada second opini atas audit BPK,” terang dia.

Lebih lanjut, Uchok mengemukakan jika ada pihak yang mengatakan kasus Sumber Waras tak ada korupsi maka itu merupakan statemen sesat.

“Orang seperti itu gak paham membaca audit BPK,” tandasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

Banner Meikarta 2

To Top