Hukum

Gerakan ISIS Miliki Visi Misi Sama dengan Kelompok Terorisme

Brigjen Boy Rafli

Brigjen Boy RafliJakarta, beritaasatu.com – Gerakan Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) dinilai mempunyai visi misi sama dengan kelompok terorisme.

“ISIS yang ada di Indonesia merupakan teroris. Yang jelas kerja ISIS menentang pemerintahan atau melakukan makar,” demikian disampaikan Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri, Boy Rafli Amar, saat diskusi bertema “Menangkal Radikalisme ISIS, Mencari Upaya Komprehensif” yang diinisiasi Kaukus Muda Indonesia (ISIS) di Galeri Cafe Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (13/8).

Selain Boy, turut hadir narasumber lainnya Pengamat Politik Timur Tengah Zuhairi Misrawi, Tokoh NU KH. Mukhlas, Wakil Ketua Pemuda Muhammadiyah Teguh Santoso, dan Anggota DPR RI Ida Fauziah.

Disebut teroris, kata Boy, karena aktivis yang bergabung dengan ISIS adalah orang-orang yang terkait dengan jaringan teroris. Mereka juga terkait dengan gerakan makar. “Yaitu hendak meruntuhkan NKRI,” jelas Boy.

Saat ini, lanjut Boy, Polri melihat perkembangan ISIS di Timur Tengah yang diimplementasikan dinegara Indonesia. Menurut Boy, ISIS telah berkembang pesat dan mempengaruhi negara Islam lainnya.

“Kami akan tetap fokus kepada gerakan terorisme dan ajakan untuk melakukan teror. Polisi juga terus giat mengantisipasi penyebaran gerakan ISIS,” ujar Boy.

Oleh karenanya, Polri mengajak peran ulama karena sangat penting guna mencegah munculnya pengikut kelompok ISIS di Indonesia. Karena harus diakui ISIS membawa sentimen agama. Sekalipun pendukung ISIS di Indonesia hanya simpatisan dari kelompok-kelompok lama, ia mengkhawatirkan munculnya simpatisan baru yang kemudian bergabung menjadi kelompok radikal.

“Disitulah peran ulama menjadi sangat penting guna membimbing umat memahami agama secara benar,” pungkasnya. (Negoro)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

Banner Meikarta 2

To Top