Politik

Kamerad Desak Harry Azhar Segera Mundur dari Jabatannya sebagai Ketua BPK

Ketua BPK Harry Azhar

Jakarta – Komite Mahasiswa Pemuda untuk Reformasi dan Demokrasi (Kamerad) mendesak agar Harry Azhar segera mundur dari jabatannya sebagai Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Pasalnya, politisi Partai Golkar itu menjadi sorotan setelah namanya muncul dalam daftar klien Mossack Fonseca, firma hukum asal Panama yang dalam dua pekan terakhir menjadi perhatian dunia karena berkas internal mereka bocor ke publik. Dalam bocoran dokumen yang dikenal dengan sebutan Panama Papers itu, Harry tercatat mendirikan Sheng Yue International Limited, perusahaan cangkang di British Virgin Islands (BVI).

harry azhar“Harry Azhar sudah sepantasnya mundur dari jabatannya sebagai Ketua BPK dan segera jelaskan hal itu ke publik,” tegas Ketua Dewan Presidium Kamerad Haris Pertama, Rabu (13/4/2016).

Lebih lanjut, Haris pun mengingatkan jika Harry terbukti menyembunyikan kekayaan maka ia wajib mengundurkan diri. Selain itu, kata dia, harus dibentuk tim satuan tugas investigasi guna menindaklanjuti Panama Papers tersebut.

“Jika benar terbukti, Harry wajib mundur bahkan harus dipenjara,” jelas dia.

Oleh karenanya, Haris menegaskan alangkah baiknya Harry legowo untuk mengundurkan diri selaku pejabat negara/publik. Seperti halnya Perdana Menteri Islandia yang dengan legowonya mengundurkan diri setelah terungkap dalam daftar Panama Papers.

“Tindakan menghindari pajak adalah suatu kejahatan, mendingan mundur dengan legowo. Jika tidak, kami minta PPATK segera memverifikasi data tersebut. Dan kami akan membuat petisi untuk mendorong agar Harry Azhar cepat mundur untuk kemudian akan kami serahkan kepada Presiden Joko Widodo,” tukasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

Banner Meikarta 2

To Top