Internasional

KPK: Panama Papers Ada Nilai Propaganda yang Bisa Bikin Chaos

Dok: Panama Papers

Beritaasatu – Publik kembali dibikin heboh dengan ‘Panama Papers’ dan juga membuat guncang dunia internasional, termasuk Indonesia. Panama Papers merupakan dokumen yang disusun dan dibocorkan Konsorsium Jurnalis Investigasi Internasional (ICIJ) pada Minggu (3/4) kemarin.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menyebut bahwa data tersebut ada nilai propaganda yang bisa membuat chaos jika tidak berhati-hati.

“Itu data ada nilai propaganda yang bisa buat chaos kalau gak hati-hati,” ujar Saut, Rabu (6/4/2016).

Oleh sebab itu, mantan Staf Ahli Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) meminta agar semua pihak untuk mempercayakan sepenuhnya kepada KPK yang akan mencoba memvalidasi hal tersebut nantinya.

“Minimal kalau itu benar ya kita lihat apa ada korupsi nya di petugas pajak,” ucap dia.

Dok: Panama Papers

Dok: Panama Papers

Saut mencontohkan, data tersebut apakah akan menjadi data mati statis, jika tidak pihaknya akan mengolahnya menjadi kebijakan demi kepentingan NKRI.

“Ya data itu akan jadi data mati statis kalau tidak kita olah jadi kebijakan untuk kepentingan NKRI. Yang utama jangan kita jadi kagok,” tukasnya.

Diketahui, dokumen ‘Panama Papers’ meliputi data transaksi rahasia keuangan para pimpinan politik dunia, skandal global, dan data detail perjanjian keuangan tersembunyi para pengemplang dana, pengedar obat-obatan terlarang, miliarder, selebriti, bintang olahraga, dan lain-lain.

Dalam dokumen ini, sejumlah sejumlah nama besar di Indonesia ditemukan. Pun demikian dengan nama-nama sejumlah perusahaan. Bahkan, ada 2.961 nama individu ataupun perusahaan yang muncul saat kata kunci “Indonesia” dimasukkan. Selain itu, pada laman yang sama pun, muncul 2.400 alamat di Indonesia yang terdata dalam kolom “Listed Addresses”.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

Banner Meikarta 2

To Top