Politik

Calon Independen Muncul, Mahfud MD Minta Parpol Interopeksi Diri

Mahfud MD eks Ketua MK

Jakarta – Ketua Pembina MMD Initiative Mahfud MD berpesan agar partai politik (parpol) untuk berkaca pada diri sendiri apakah masih memiliki kekurangan sehingga calon independen bermunculan dalam pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Sebenarnya calon Independen tidak akan melemahkan parpol, namun parpol harus berkaca diri dan interopeksi diri agar bisa berbenah diri,” ungkap Mahfud dalam diskusi publik bertajuk ‘Jalur Perseorangan ; Penguatan Demokrasi atau Deparpolisasi” di kantor MMD, Jakarta (30/3/2016).

Mahfud MDDisebutkan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini, munculnya calon independen itu lantaran menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat sudah menurun terhadap partai. Dan, kata dia, calon independen merupakan jalur politik anak bangsa yang tidak mempunyai kesempatan diakomodasi oleh partai. Rakyat mempunyai aspirasi terhadap calon independen yang merupakan awal penentuan buat rakyat untuk menyuarakan pilihannya.

“Rakyat mempunyai aspirasi terhadap calon independen. Munculnya calon-calon yang diluar deparpolisasi merupakan awal penentuan buat rakyat untuk menyuarakan secara hatinya,” tuturnya.

Lebih lanjut, Mahfud mengemukakan inilah kesempatan bagi calon independen untuk menunjukkan kepada rakyat agar bisa menentukan pilihannya.

“Calon independen dibuka agar parpol berbuat secara sehat. Kita mau memberdayakan calon independen, di daerrah sudah dikapling-kapling oleh parpol dan ini kesempatan independen untuk menunjukan bahwa rakyat bisa menentukan pilihannya,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

Banner Meikarta 2

To Top