Internasional

Menlu RI Dihalangi Masuk Palestina, Bukti Israel Takut Indonesia

kapal perang israel

Beritaasatu – Upaya otoritas Israel menghalangi rombongan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi yang ingin masuk ke wilayah Palestina untuk melantik Konsul Kehormatan (Konhor) pertama Indonesia di Palestina, Maha Abu-Shusheh dianggap sebagai wujud ketakutan mereka terhadap Indonesia.

“Artinya Israel anggap kita terdepan di negara OKI dalam mendorong negara Palestina, kalau tak dianggap biasa saja sikap dia (Israel),” kata anggota Komisi I DPR RI, Tantowi Yahya. Senin (14/03/2016).

kapal perang israelMenurut dia, penolakan yang dilakukan oleh negara zionis itu sama sekali tidak melukai perasaan masyarakat Indonesia. Namun sebaliknya, penolakan tersebut merupakan suatu kebanggaan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Penolakan itu adalah sesuatu yang biasa-biasa saja, bahwa Menlu sudah mengantisipasi ke Ramallah tak mungkin lewat wilayah Isreal, normal penolakan,” tutur politikus Golkar itu

“Saya denger, penolakan itu dikaitkan dengan menurut Menlu Israel kita itu bermain politik satu kaki. Bahwa kita (Indonesia) hanya mau berunding dengan pihak Palestina, bahwa mereka ngarepin kita, tapi berunding di negara mereka, sama saja ngakuin mereka sebagai negara,” papar tantowi lagi.

Tantowi menambahkan penolakan Israel merupakan suatu kemajuan yang sangat berarti dalam peran Indonesia membela Palestina. Israel memandang serius kekuatan Indonesia dalam mendorong solusi perdamaian antara Israel dengan Palestina.

Untuk diketahui, meskipun dihalang-halangi oleh otoritas Israel, pelantikan tetap dilakukan meski berpindah lokasi ke KBRI Amman, Yordania.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

To Top