Politik

Yusril Tegaskan Golkar Tak akan Bubar

Pengamat Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra

Beritaasatu – Kuasa hukum Partai Golkar Munas Riau dan Bali, Yusril Ihza Mahendra menegaskan Golkar tidak akan bubar jika sampai 31 Desember Mahkamah Agung (MA) belum juga memutuskan perkara kasasi yang diputuskan Pengadilan Negeri Jakarta Utara dan Pengadilan Tinggi Jakarta yang memenangkan gugatan kubu Munas Bali.

Yusril Penasehat Nazaruddin“Sebab putusan PN Jakut yang dikuatkan oleh PT Jakarta itu berlaku serta merta meski ada banding dan kasasi,” kata Yusril, Senin (28/12/2015).

Menurutnya, putusan itu menyatakan bahwa penyelenggaraan Munas Bali adalah sah dan kepengurusan yang dihasilkannya juga adalah sah. Sebaliknya, kata Yusril, penyelenggaraan Munas Ancol adalah tidak sah, demikian pula kepengurusan yang dihasilkannya.

“Agung Laksono cs dilarang melakukan kegiatan apapun mengatasnamakan DPP Golkar,” tuturnya.

Sementara, lanjut Yusril, putusan PN Jakarta Utara yang dikuatkan oleh PT Jakarta itu juga menegaskan bahwa sampai ada putusan yang mempunyai kekuatan hukum bersifat tetap (inkracht), maka kepengurusan DPP Golkar hasil Munas Riau adalah kepengurusan DPP Golkar yang sah.

“Isi putusan serta merta ini sangat jelas dan tidak perlu diplintir oleh siapapun juga,” ucapnya.

Dikatakan Yusril, putusan Pengadilan ini justru diambil untuk mencegah terjadinya kevakuman Pengurus DPP Golkar apabila putusan inkracht belum keluar sampai 31 Desember 2015, tanggal berakhirnya mandat Pengurus DPP Golkar hasil Munas Riau sebagaimana juga telah disahkan Menkumham.

Jadi, sambung Yusril, tidak ada alasan mengatakan kalau tdk aa putusan MA setelah 31 Desember, Golkar bubar atau illegal. Partai hanya bisa dibubarkan oleh Mahkamah Konstitusi dengan alasan-alasan tertentu.

“Jangankan bubar atau illegal, kevakuman kepengurusan DPP Golkarpun tidak akan terjadi dengan putusan serta merta (uitvoorbaar bij vorrad) yang dikeluarkan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara dan dikuatkan oleh PT Jakarta dan kini tengah menunggu putusan tingkat kasasi,” tandasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

Banner Meikarta 2

To Top