Hukum

Ternyata, Wakil KPK Terpilih dari Unsur BIN ini Dukung Revisi UU KPK

Gedung KPK baru

Beritaasatu – Ternyata Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dari unsur Badan Intelijen Negara (BIN) yakni Saut Situmorang ini mendukung wacana revisi Undang-undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK itu sendiri yang justru ditolak oleh pimpinan KPK sebelumnya.

Gedung KPK baru

Gedung KPK baru

“Wewenang KPK saat ini begitu luar biasa sehingga harus dilakukan revisi UU untuk mengontrolnya. KPK tidak boleh jadi lembaga yang luar biasa,” kata dia, Minggu (20/12/2015).

Saut juga menyoroti kewenangan lembaga antirasuah yang tidak bisa mengeluarkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3). Padahal, kata dia, bukan tidak mungkin dalam menjalankan penyidikan suatu kasus, KPK melakukan kesalahan. Nantinya bisa dibentuk dewan pengawas yang anggotanya terdiri dari mantan pimpinan KPK hingga aktivis antikorupsi. Tak hanya itu, kedepannya, KPK juga harus diatur bagaimana tata cara penyadapan yang sesuai.

“Kan yang namanya hidup itu harus ada koreksi, check and balance. Kalau hidup enggak mau di check and balance, itu narsis,” ujar dia.

Lebih lanjut, Saut mengemukakan dirinya akan bekerja keras untuk membuktikan dan memberikan inspirasi kepada masyarakat untuk memberantas korupsi. Sebab inspirasi itu ditunjukan dengan prilaku yang baik, agar orang mencontoh prilaku tersebut.

“Yang paling berat dari sorang pemimpin adalah, gak usah ngomonglah kalau gak bisa menginspirasi orang. menginspirasi orang kan harus dengan prilaku,” tukasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

Banner Meikarta 2

To Top