Hukum

Johan Budi: Semua Komisioner Kompak Tolak Revisi UU KPK

Plt Wakil Ketua KPK Johan Budi SP

Beritaasatu – Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi SP akhirnya angkat suara munculnya simpang siur kabar ketidak kompakan pimpinan KPK dalam menyikapi Revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK.

Plt Wakil Ketua KPK Johan Budi SP

Plt Wakil Ketua KPK Johan Budi SP

Johan menyebut bahwa semua komisioner kompak menolak revisi UU KPK. Karena itu, mantan juru bicara KPK itu pun membantah pihaknya pecah menyikapi wacana revisi UU tersebut.

“Tolong rumor yang beredar luas adanya ketidaksolidan pimpinan, satu mendominasi, saya kira tidak ada begitu,” ujar Johan, Selasa (15/12/2015).

Lebih lanjut, Johan memastikan sikap lembaga antirasuah akan tetap menolak apabila revisi UU KPK itu bermaksud melemahkan KPK seperti tertuang draf yang beredar. Bahkan, dalam surat yang dikirimkan KPK ke presiden, dituliskan juga penolakan tersebut.

“Saya bantah bahwa pimpinan KPK mengusulkan revisi UU KPK. Tidak benar. Yang ada, KPK memberi jawaban terkait permintaan saran yang disampaikan Presiden mengenai empat hal,” bebernya.

Johan melanjutkan, revisi UU KPK semestinya didahului dengan revisi Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Revisi UU KPK juga harus diharmonisasikan dengan KUHP dan KUHAP agar tidak terjadi tumpang tindih.

“Dalam pandangan itu kami sampaikan, KPK tidak setuju UU KPK direvisi apalagi seperti draf yang beredar. Itu yang kita sampaikan dalam balasan (surat),” pungkas Johan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

Banner Meikarta 2

To Top