Hukum

Ini 5 Nama Calon Pimpinan KPK yang Dirasa Ideal versi Pemuda Muhammadiyah

Plt Wakil Ketua KPK Johan Budi SP

Beritaasatu – Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah telah merilis nama-nama yang dirasa paling ideal bagi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada periode mendatang.

Plt Wakil Ketua KPK Johan Budi SP

Plt Wakil Ketua KPK Johan Budi SP

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak menyebutkan pemuda Muhammadiyah telah melakukan penilaian, tracking, profiling, bekerjasama dengan jejaring antikorupsi yang dibentuk Pemuda Muhammadiyah yakni Madrasah Antikorupsi dan berbagai lembaga antikorupsi lainnya, atas nama-nama calon pimpinan KPK yang telah diseleksi dan diajukan Pansel KPK.

“Dari hasil penilaian tersebut, Pemuda Muhammadiyah berkepentingan memberikan pendapat dan aspirasi kepada anggaota DPR RI khususnya Komisi III, dan para Ketua Umum Partai Politik serta publik berkenaan dengan nama-nama calon pimpinan KPK yang proper dan fit sebagai pimpinan KPK yang ideal,” kata Dahnil usai diskusi Seri 5 Madrasah antikorupsi bertema” Quo Vadis KPK?, Masa depan Pemberantasan Korupsi” di Gedung Dakwah Muhammadiyah Menteng 69 Jakarta Pusat, Senin (14/12/2015).

Dikatakan dia, Pemuda Muhammadiyah berkepentingan untuk terus mengawal agenda “jihad lawan korupsi” dan memastikan agenda pemberantasan korupsi di Indonesia tidak dilemahkan, untuk itu dibutuhkan lembaga pemberantasan korupsi yang kuat, yang diisi oleh pribadi-pribadi berintegritas, memiliki keanggulan moral, berani, rekam jejak bersih.

“Juga memiliki kompetensi yang mumpuni, agar mampu memimpin upaya pemberantasan korupsi di Indonesia,” tutur dia.

Adapun lima nama calon pimpinan KPK yang dinilai ideal versi Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah diantaranya, pertama adalah Mantan Kepala LKPP Agus Raharjo. Agus dianggap memiliki rekam jejak berkomitmen untuk membangun komunikasi dan komitmen dalam hal Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK. Dan, kata dia, LHKPN nya pun sudah dilaporkan dan nilai kekayaannya diperoleh dengan wajar.

“Perspektif kerja Agus berpandangan bahwa pengembalian aset hasil korupsi harus disesuaikan dengan uang yang telah dikorupsi. Dan akan mendorong perbaikan renumerasi pegawai negeri,” ungkap Dahnil.

Capim selanjutnya adalah Pelaksana Tugas (Plt) Wakil Ketua KPK Johan Budi Sapto Prabowo. Ia punya rekam jejak pernah menjadi Juru Bicara KPK dalam kurun waktu lama. Dipercaya Presiden Jokowi menjadi Plt. Pimpinan KPK. Memiliki kemampuan dan pengetahuan yang memadai mengenai Tupoksi KPK dan berbagai persoalan internal KPK.

“Memiliki kemampuan komunikasi publik yang handal dan mumpuni dan tidak memiliki persoalan dalam integritasnya,” ujar Dahnil.

Yang ketiga, Akademisi Laode Muhammad Syarif yang memiliki rekam jejak kerap berkecimpung dalam program-program kerjasama reformasi Kepolisian saat bekerja di Kemitraan. Memiliki pemahaman yang luas terkait hukum lingkungan serta SDA karena latar belakang akademiknya.

“Memiliki karakter pribadi yang tenang, tidak meledak-ledak dan integritasnya tidak bermasalah,” bebernya.

Dan keempat, mantan Ketua KY sekaligus mantan Komisioner KPK Muhammad Busyro Muqoddas. Busyro dikenal sebagai figur yang bersih dan sederhana. Pengalaman belasan tahun di lembaga penegakan hukum, mulai dari Komisi Yudisial hingga KPK.

“Juga pernah menjabat sebagai Ketua dan Wakil Ketua KPK dan punya pribadi yang tenang dan tidak mudah diajak kompromi akan menjadikan KPK menjadi lebih tegas,” tuturnya.

Terakhir adalah Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Sujarnako. Sujarnako dianggap memiliki pengalaman dalam membangun jaringan dan kerjasama, baik dengan lembaga dan instansi pemerintah, kerjasama luar negeri, khususnya untuk penguatan penegakan uper dan asset recovery, implementasi UNCAC maupun kerjasama dengan kelompok masyarakat sipil antikorupsi di Indonesia.

“Sujarnako juga telah dipercaya menjadi Direktur Pembinaan Jaringan Kerja antar Komisi dan Instansi, KPK selama kurang lebih 10 tahun, dan digeser menjadi Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK sejak tahun 2015,” tukasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

Banner Meikarta 2

To Top