Ekonomi

Long March Bandung – Jakarta, Ratusan Buruh Sebarkan 1 Juta Petisi Tolak PP 78/2015

Buruh sebarkan petisi cabut PP Pengupahan

Beritaasatu – Ribuan buruh tergabung dalam Komite Aksi Upah Gerakan Buruh Indonesia (KAU-GBI) akhirnya melepas ratusan peserta long march dari monumen perjuangan Bandung, Jawa Barat menuju Jakarta, Senin (16/11/2015).

Mereka berjalan kaki menuju Situ Cibuleud, Purwakarta, sambil membagikan petisi tentang penolakan kebijakan upah murah yang tercermin didalam PP 78/2015 tentang pengupahan dan formula kenaikan upah yang hanya memperhitungkan inflasi dan pertumbuhan ekonomi.

“Nantinya, ribuan buruh dan masyarakat akan menandatangi “Post Card” petisi tersebut,” demikian disampaikan Presidium KAU-GBI Said Iqbal, Senin (16/11/2015).

Buruh sebarkan petisi

Buruh sebarkan petisi PP Pengupahan

Lebih lanjut, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) ini mengemukakan pihaknya dalam aksi long march itu menargetkan 1 juta tanda tangan “Post Card” petisi sampai 20 November 2015 untuk selanjutnya diserahkan Kepada Presiden Jokowi.

Adapun isi post card petisi tersebut berisikan tiga tuntutan buruh, diantaranya pertama cabut PP 78/2015 tentang pengupahan yang bertentangan dengan UU 13/2003 tentang ketenagakerjaan pasal 88 dan 89. Berikutnya, menolak formula kenaikan upah minimum yang baru karena mengembalikan rezim upah murah dan akan memiskinkan kaum buruh secara struktural. Terakhir, meminta kenaikan upah minimum 2016 berkisar Rp 500 ribuan dan menetapkan upah minimum sektoral lebih besar dari upah minimum.

“Aksi Long March ini merupakan aksi pemanasan jelang mogok nasional pada 24 November – 27 November 2015,” pungkas dia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

Banner Meikarta 2

To Top