Kriminal

Bareskrim Bakal Buktikan Kasus Pelindo II Ada Unsur Pidana

Pelindo II

Pelindo IIBeritaasatu – Kepolisian melalui Kepala Polri Jenderal Badrodin Haiti memastikan akan terus mengusut dugaan korupsi pengadaan mobile crane di PT Pelindo II.

Dia berharap, kasus yang mengarah kepada mafia pelabuhan itu terungkap dalam waktu dekat. Terlebih dengan adanya dukungan parlemen apabila nantinya terbentuk panitia khusus Pelindo.

“Ya (terus diusut), kan ada DPR juga yang mengontrol, kenapa khawatir. DPR pansus kontrol, dan pasti akan ditanya perkembangannya,” kata Badrodin di gedung DPR, Jakarta, Selasa (8/9).

Dia membantah pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla bahwa kasus Pelindo merupakan perkara korporasi yang tidak bisa dipidana. Bareskrim Polri bakal membuktikan bahwa dalam kasus yang dibuka oleh Komjen Budi Waseso itu terdapat unsur pidana.

“Makanya justru itu kita yang sudah diproses pak Buwas ini kita akan buktikan bahwa itu adalah proses pidana,” jelas Badrodin.

Menurutnya, pengadaan mobile crane di Pelindo II dekat dengan pemenuhan unsur pidana lantaran terdapat kerugian negara di dalamnya.

“Kan kita pasti ada datanya, bahwa itu ada penyimpangan, bahwa itu ada kerugian sehingga bisa memenuhi unsur pidana,” tegas Badrodin.

Kasus Pelindo II berawal saat Bareskrim yang ketika itu dipimpin Komjen Budi Waseso mengungkap keberadaan 10 unit mobile crane yang tidak berfungsi, sehingga memperlambat proses bongkar-muat barang. Diduga pengadaan alat berat oleh PT Pelindo II itu ‎tidak sesuai prosedur, sehingga mangkrak di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Proyek pengadaan alat berat itu diduga merugikan uang negara lebih dari Rp 60 miliar. Bareskrim sendiri telah menetapkan anak buah Dirut Pelindo II RJ. Lino yang berinisial FN sebagai tersangka.

Belakangan diketahui praktik kotor mafia pelabuhan mendapat pengayoman dari lingkungan Istana Negara. Terlihat dari intervensi Wapres Jusuf Kalla penanganan kasus Pelindo II dengan menyebut sebagai kasus korporasi yang tidak dapat dipidana.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

Banner Meikarta 2

To Top