Hukum

Soal Penegakan Hukum, Kontras Sepakat dengan Kabareskrim Anang Iskandar

Anang Iskandar wawancara

Anang Iskandar wawancaraBeritaasatu – Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) mengaku sepakat dengan Kabareskrim yang baru Komjen Pol Anang Iskandar agar penegakan hukum tidak hanya dilakukan penindakan saja namun juga melakukan pencegahan.

“Saya sepakat dengan Pak Anang. Pembinaan juga perlu dilakukan untuk membangun kultur hukum yang baik untuk kesadaran masyarakat,” kata Koordinator Kontras Haris Azhar, Selasa (7/9/2015).

Lebih lanjut, Haris menyarankan agar Kabareskrim membutuhkan beberapa syarat diantaranya keberanian, kecerdasan dan kehati-hatian.

“Jadi harus berani menangani kasus-kasus yang sensitf, kasus-kasus yang berkaitan dengan kekuasaan, namun harus cerdas untuk memahami aturan-aturan hukum,” sebutnya.

Selain itu, lanjut dia, perlu juga menyadari bahwa aturan-aturan hukum itu ada kelemahannya, sehinga dia membangun preseden-preseden yang tepat tidak menggunakan hak orang lain.

“Berhati-hati tidak serampangan tidak asal timpa saja, itu prinsip yang harus dilakukan oleh Kabareskrim yang baru dan siapapun yang akan menjabat nanti,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terpopuler

Banner Meikarta 2

To Top