Hukum

Jakarta Daerah Rawan bagi Aparat Kepolisian

hut polri 68

hut polri 68Jakarta, beritaasatu.com – Sepanjang 6 bulan terakhir hingga menjelang HUT Polri 1 Juli 2014 terjadi 53 kasus kekerasan terhadap polisi. Kekerasan itu mencakup kekerasan terhadap anggota polisi 30 kasus dan kekerasan terhadap kantor polisi 23 kasus. Jakarta menjadi daerah yang paling rawan terhadap keselamatan polisi di sepanjang enam bulan pertama 2014.

Demikian dikemukakan Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane saat ditemui, di Jakarta, Senin (30/6).

“Kami mencatat ada 10 daerah rawan bagi polisi. Jakarta menduduki peringkat pertama. Sebab ada 10 polisi yang luka dan tewas akibat dikeroyok warga. Kemudian Jabar 5 kasus, Papua 4 kasus, Sulteng, Sulsel, Jatim dan Riau masing-masing 2 kasus, Aceh, Jogja, dan NTB masing-masing 1 kasus,” sebut Neta.

Lebih lanjut, Neta mengemukakan aksi kekerasan terhadap polisi di seluruh Indonesia menyebabkan 10 polisi tewas, yakni 5 ditembak, 2 dikeroyok, 1 ditabrak, 1 dibacok, dan 1 over dosis. Selain itu, kata dia, ada 20 polisi luka, yakni 7 dibacok, 6 dikeroyok, 5 ditembak, dan 2 ditabrak. Selain itu selama 6 bulan terakhir ada 23 fasilitas Polri yang dirusak massa, yakni. mencakup 12 rumah dinas, 6 pospol, 3 polsek, dan 2 polres.

“Ada yang dirusak, dibakar, dan ditembaki,” kata dia.

Dikatakannya, rawannya Jakarta bagi keselamatan polisi ini sangat mengejutkan, mengingat ibukota bukan daerah konflik seperti Sulteng dan Papua. IPW menduga hal ini tak terlepas dari tidak terkendalinya sikap dan prilaku sebagian anggota kepolisian, sehingga gampang berbenturan dgn masyarakat.

“Ironisnya, hanya di wilayah Polda Metro Jaya terjadi polisi tembak polisi atau polisi tewas over dosis. Di sisi lain banyak anggota polisi yang tidak peka dan tidak terlatih, baik dalam bela diri maupun menggunakan senjata, sehingga terlalu gampang diperdaya pelaku kriminal. Kondisi ini perlu dicermati pada Hari Bhayangkara 2014 ini,” tukasnya. (Ali).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terpopuler

Banner Meikarta 2

To Top